Mastalgia (Payudara Nyeri)

Mastalgia (Payudara Nyeri)

Mastalgia (Payudara Nyeri)
 
Apa itu Mastalgia? Matalgia adalah rasa nyeri yang timbul di payudara. Mastalgia merupakan keluhan yang sering dialami oleh wanita mendekati haid dan selama haid.

Ketika mendekati haid hingga menstruasi, tubuh wanita mendapati pergantian hormon. Pergantian inilah yang ditebak menyebabkan rasa nyeri pada payudara, nyeri menuju haid. Selain bersinggungan dengan haid, payudara yang nyeri juga bisa disebabkan oleh faktor lain, termasuk penyebab di luar payudara.

Rasa nyeri yang muncul bermacam macam, dari mulai ringan, hingga berat dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Jika nyeri terasa bertambah buruk, berlangsung selama hingga berminggu-minggu, atau mengganggu kegiatan sehari-hari, hendaknya segera diperiksakan ke dokter.

Gejala Mastalgia (Payudara Nyeri)
Payudara yang terasa nyeri bisa bersinggungan dengan siklus haid ataupun tidak. Dilain waktu, rasa nyeri pada payudara juga bisa jadi bukan berasal dari payudara. Selanjutnya, ini adalah rekaan gejala dari masing-masing mastalgia:

- Payudara nyeri terkait dengan siklus haid

Nyeri payudara yang terikat dengan haid lebih sering dialami oleh wanita usia 20-30 tahun dan pada usia kisaran 40 tahunan menjelang menopause. Nyeri payudara ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Nyeri payudara terasa tumpul dan nyeri diperparah saat memakai bra atau baju yang ketat.
- Terjadi pada masa subur atau 2 minggu menuju haid, dan gejalanya baru berkurang ketika selesai menstruasi.
- Seringnya, nyeri terasa pada kedua payudara, terutama payudara di bagian atas sisi luar (dekat ketiak). Nyeri juga     dapat menyebar hingga ke ketiak.
- Nyeri dibersamai dengan payudara yang membengkak atau muncul benjolan di payudara.

- Payudara nyeri yang tidak berkaitan dengan haid

Nyeri payudara ini lazimnya dialami oleh wanita pascamenopause. Berikut ini adalah tanda-tandanya:

- Payudara nyeri terasa seperti terbakar.
- Payudara terasa kencang.
- Nyeri berlangsung terus menerus atau hilang timbul.
- Nyeri biasanya hanya terasa di satu bagian pada salah satu payudara, tetapi dapat menyebar ke seluruh payudara.
- Gejala mastalgia yang bukan berasal dari payudara
- Nyeri payudara ini biasanya akan disertai nyeri di tempat lain, misalnya di otot dada atau tulang rusuk, meskipun     rasanya seperti berasal dari jaringan payudara.

Semoga bermanfaat...