Gejala Kista Gartner, Diagnosis dari Kista Gartner, Penanganan Kista Gartner

Gejala Kista Gartner, Diagnosis dari Kista Gartner, Penanganan Kista Gartner

GEJALA
Disebagian kasus, salah satu tanda dari terdapatnya kista Gartner ialah terabanya benjolan lunak pada dinding vagina atau menonjol ke luar vagina. Ukuran dari kista tersebut pun bervariasi, dari kecil hingga cukup besar.

DIAGNOSIS
Diagnosis kista Gartner dapat ditentukan berdasarkan interviu medis, pemeriksaan secara langsung, dan pemeriksaan pendukung tertentu bila dibutuhkan.

Pada saat wawancara medis, dokter bisa menanyakan mengenai riwayat kesehatan, baik sebelumnya dan keluhan yang dialami saat ini. Pada saat melakukan pemeriksaan vagina secara rutin, dokter bisa meraba adanya massa pada dinding vagina. Selain itu, dokter juga bisa menyarankan untuk dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang guna menyingkirkan kondisi lainnya.

Beberapa pemeriksaan pendukung yang dapat dilakukan adalah:

1. Biopsi, atau pengambilan sampel jaringan dari kista, hal ini berguna menyingkirkan kemungkinan terdapatnya keganasan
2. Pemeriksaan cairan vagina atau serviks untuk menentukan terdapatnya infeksi menular seksual (IMS)
3. Pemeriksaan computerized tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), atau ultrasonografi bila dinilai dibutuhkan, untuk melihat hasil penggambaran dari kista

PENANGANAN
Umumnya, penindakan dari kista Gartner dilakukan secara observasional dengan memperhatikan adanya pertumbuhan atau perubahan tampilan pada penelaahan rutin.

Bila kista semakin besar atau menyebabkan tanda dan gejala yang berat, dokter dapat merekomendasikan untuk dilakukan tindakan pembedahan guna mengangkat kista. Jika terjadi infeksi atau abses pada kista, dokter dapat merekomendasikan konsumsi obat-obatan tertentu.

Semoga bermanfaat...