Jenis Jenis Kunir Putih Untuk Pengobatan

Jenis Jenis Kunir Putih Untuk Pengobatan


Kunir putih merupakan jenis rempah yang berbentuk rimpang dan masih kerabat dekat dengan kencur. Dalam masyarakat, umumnya kunir dimanfaatkan sebagai bahan penyedap dalam masakan, Namun tahukah anda, bahwa ada beberapa jenis kunir putih yang bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif, seperti pengobatan penyakit berat maupun ringan.

Berikut penjelasan berbagai jenis kunir yang berkhasiat untuk pengobatan :

1. Kunir Putih Zedoaria ( curcuma zedoaria )
   
   Tumbuhan kunir putih jenis zedoaria ini bisa mencapai 2.5 mete, tumbuh berkelompok dan daun memanjang berwarna merah lembayung disepanjang tulang tengah daunnya. Bunga keluar dari rimpang samping, menjulang keatas, Mahkota berwarna putih, dengan tepi bergaris merah tipis. Rimpang kunir putih jenis zedo ini berwarna putih dan kuning muda dan rasanya sangat pahit.

kunir zedo

   Kunir putih jenis ini telah banyak digunakan secara tradisional di banyak negara, terutama di Asia Tenggara sebagai obat selama berabad abad. Dengan cara tradisional, rimpang kering dari kunir putih dipilih untuk diproses sebagai minuman atau diekstrak sebagai obat. Ekstrak rimpang kunir putih yang mengandung kurkumin telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit lambung, stagnasi darah, perlindungan hati, diare, gangguan dermatosis, rematik, serta memperlancar mentruasi. Aktivitas antimikroba, antihepatotoksik, antiinflamasi, aktivitas saraf dan efek sitotoksik terhadap sel kanker ovarium manusia, diduga karena khasiat dari zat kurkumin yang terkandung dalam kunir putih.

2. Kunir Putih Manggaval (curcuma mangga )

    Kunir putih jenis manggaval ini secara morfologi hampir mirip seperti jahe, namun yang membedakan dan merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh kunir jenis lainnya adalah aroma daging kunir yang seperti buah mangga masak.

kunyit putih

   Kunir manggaval dikenal sebagai tanaman obat dengan berjuta manfaat, karena telah banyak digunakan sebagai resep obat untuk berbagai macam penyakit. Dalam kunir putih jenis manggaval ini terdapat zat yang sangat bermanfaat bagi pengobatan, zat kurkumin yang terkandung didalamnya dapat mengatasi masalah masalah peradangan, Antioksidan tinggi dalam kunir putih juga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. serta zat RIPs (ribosome inacting protein ) yang berfungsi untuk menonaktifkan, memblokir dan merontokkan sel kanker dalam tubuh.

3. Kunir Putih Rotunda ( curcuma rotunda )

    Kunir putih jenis rotunda mempunyai ciri ciri sebagai berikut: daun bertangkai, dan ukuran kunirnya kecil kecil seperti kacang tanah. kunir putih rotunda ini lebih akrab disebut sebagai kunir gombyok atau temu rapet.

temu rapet

   Secara tradisional, rimpang kunir putih ini digunakan sebagai obat sakit perut dan disentri. Umbi umbinya yang kecil dan berair mempunyai khasiat mendinginkan. Temu rapet juga dimanfaatkan sebagai bahan bedak, campuran jamu untuk ibu melahirkan, dan penambah nafsu makan. selain itu, kaempferia rotunda digunakan dalam pembuatan wangi wangian, anti serangga, serta dijadikan bahan makanan sebagai sayuran atau lalapan. Selain untuk pengobatan kunir ini juga digunakan untuk kosmetik, dan tanaman ini bsa juga digunakan sebagai tanaman hias karna daun dan bunganya yang indah.

Itulah seklumit pembahasan tentang jenis jenis kunir putih yang berkhasiat untuk pengobatan, semoga bermanfaat.