*PENGERTIAN DAN PENYEBAB TERJADINYA KISTA GARTNER*

*PENGERTIAN DAN PENYEBAB TERJADINYA KISTA GARTNER*

PENGERTIAN.
Kista Gartner merupakan salah satu jenis kista vagina. Jenis kista ini biasanya terletak pada dinding samping pada vagina. Kista Gartner ini juga dikenal dengan kista duktus Garter.

Duktus Gartner adalah salah satu organ yang terbentuk pada saat perkembangan janin perempuan, yang kemudian terjadi degradasi setelah kelahiran. Bila sebagian dari duktus tersebut menetap, terkadang dapat terjadi akumulasi cairan dan kemudian terbentuklah kista pada dinding vagina.

PENYEBAB.
Pada saat pertumbuhan, perkembangan sistem reproduksi janin perempuan, salah satu organ yang terbentuk adalah duktus Gartner atau duktus mesonefrik pada dinding vagina, yang seharusnya terjadi degradasi saat kelahiran.

Terjadinya kista ini umumnya disebabkan oleh menetapnya duktus Gartner, suatu organ sistem reproduksi wanita yang lazimnya ditemui saat perkembangan janin perempuan di dalam rahim. Apabila duktus Gartner menetap setelah kelahiran, ini menyebabkan terjadinya pengumpulan cairan di bagian-bagian tertentu pada duktus tersebut, yang kemudian membentuk kista pada dinding vagina.

Semoga bermanfaat...