Bagaimana Mengurangi Efek Buruk Makanan Cepat Saji

Bagaimana Mengurangi Efek Buruk Makanan Cepat Saji

Kebanyakan makanan cepat saji (fast food) mengandung kalori tinggi, namun rendah kandungan nutrisi penting lainnya. Oleh karena itu, makanan cepat saji identik dengan makanan tidak bergizi sebab minim konstribusi positif bagi kesehatan. Negara kita ini yang memiliki kecenderungan terburu-buru terutama diperkotaan lebih senang ketika mengonsumsi makanan fast food/cepat saji. Desakan waktu pekerjaan, khawatir terjebak kemacetan, serta tuntutan untuk selalu cepat dalam melakukan sesuatu menjadi beberapa faktor seseorang memilih untuk mengonsumsi makanan fast food tanpa memperhitungkan kesehatan bagi tubuh dimasa mendatang.


Untuk itu kami ingin berbagi beberapa tips berikut ini, semoga bisa membantu kita mengurangi konsumsi makanan cepat saji dengan tetap memelihara kesehatan:

1. Buat menu sehat
Ketika perut lapar, kita pastinya ingin segera mengisi perut dengan makanan, tak terkecuali makanan cepat saji. Karenanya, biasakan untuk membuat menu makanan sehat yang dapat melengkapi kecukupan nutrisi kita, sehingga tak perlu lagi menyantap makanan cepat saji saat lapar. Tambahkan menu mkananan tersebut dengan buah dan sayur, agar kebutuhan serat juga bisa tercukupi.

2. Kurangi porsi
Makin banyak kita konsumsi makanan cepat saji, maka makin banyak karbohidrat, lemak, gula, dan garam yang kita konsumsi.

3. Banyak minum air putih
Ubah minuman kita dari minuman berkarbonasi menjadi jus buah murni, susu rendah lemak, atau air mineral. Saat tubuh mulai lapar, atau menjelang lapar, minum air putih akan mengurangi rasa lapar sehingga dorongan untuk mencicip makanan cepat saji akan lenyap.

4. Kurangi makanan gorengan
Makanan yang digoreng kaya akan lemak jenuh, maka kurangilah demi kesehatan.

Segala sesuatu jika dikonsumsi berlebih akan kurang baik bagi kesehatan. Demikian pula makanan cepat saji, selama dalam batas normal, risiko untuk kesehatan masih bisa ditoleransi. Namun jika sudah memiliki kondisi kesehatan yang buruk, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan cepat saji.

Sumber : alodokter
By : Admin Kunir Putih Curcuval DP