** HNP ATAU SARAF TERJEPIT? APABENAR BISA DISEMBUHKAN DENGAN KUNIR PUTIH? **

** HNP ATAU SARAF TERJEPIT? APABENAR BISA DISEMBUHKAN DENGAN KUNIR PUTIH? **

Menurut Prof. Dr. Dwiyati Pujimulyani MP, peneliti temumangga Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta, kandungan kurkumin dalam temumangga membantu proses penyembuhan HNP. Beliau mengatakan “Kandungan kurkumin dalam temumangga cepat sekali mengganti sel-sel rusak dan bengkak akibat gangguan jaringan bantalan tulang belakang.” Selain itu, temumangga juga mampu meluruhkan timbunan lemak yang menekan saraf. Efeknya gangguan kesehatanpun hilang.

Zat Kurkumin dalam temumangga ternyata tidak hanya untuk antibodi dan penjaga kesehatan, akan tetapi mampu untuk mengganti sel-sel rusak akibat saraf terjepit. Untuk mempercepat proses penyembuhan penderita HNP sebaiknya rajin berolahraga seperti renang. Gerakan mendorong dan menarik ketika berenang mampu memperbaiki bentuk tulang punggung.

Berenang di air panas lebih bagus, karena bisa melemaskan otot-otot dan saraf yang terjepit sehingga lebih cepat mengembalikan bentuk tulang punggung. Terapi akupuntur juga dianjurkan untuk pengobatan HNP.

Semoga bermanfaat...