7 Manfaat Penting Teh Daun Sage untuk Kesehatan

7 Manfaat Penting Teh Daun Sage untuk Kesehatan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Kamu bisa memilih teh daun sage untuk dinikmati pada pagi hari karena mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Mungkin kamu perlu mencobanya sewaktu-waktu untuk merasakan khasiatnya dari teh ini. Teh daun sage memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melawan peradangan dan memberikan keuntungan kesehatan lainnya. Jika kamu salah seorang penikmat teh, kami wajib mengetahui manfaat di balik secangkir daun teh sage ini bila dikonsumsi secara rutin.

Daun sage (Salvia officinalis) tergolong dalam keluarga daun mint. Teh daun sage memiliki aroma yang kuat dan rasa yang earthy ketika diminum. Dibalik rasa yang menenangkan, teh daun sage memiliki keuntungan kesehatan.

Adapun manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari konsumsi teh daun sage seperti ;


1. Memperbaiki fungsi otak
Teh daun sage memiliki beragam antioksidan, sehingga memberi manfaat kesehatan dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit kronik.

Teh daun sage mengandung asam klorogenat, asam kafeat, maupun asam ellegic yang bisa menurunkan risiko kanker dan memperbaiki fungsi serta memori otak.

2. Meringankan gejala menopause
Menjelang menopause, umumnya perempuan mengalami penurunan kadar estrogen dalam tubuhnya, umumnya gejala ditandai dengan keringat berlebih, kering pada vagina, sensasi kepanasan (hot flashes), dan mudah marah. Teh daun sage memiliki manfaat untuk meringankan gejala menopause tersebut.

Daun sage memiliki komponen yang memiliki sifat mirip dengan hormon estrogen, sehingga dapat merangsang reseptor dalam otak untuk meringankan gejala menopause di atas. Terutama meredakan hot flashes dan keringat berlebihan.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat selanjutnya, teh daun sage dapat menurunkan kolesterol. Menurut studi dari International Journal of Molecular Science, konsumsi teh daun sage selama 4 minggu dapat memperbaiki kadar kolesterol pada partisipan.

Hasil penelitian menunjukkan, partisipan yang terlibat mengalami penurunan kadar kolesterol LDL. Meski demikian, peneliti mengatakan teh daun sage hanya mempengaruhi kadar kolesterol dan tidak memberikan efek pada kadar gula darah.

4. Meredakan inflamasi
Teh daun sage juga memiliki manfaat yaitu untuk meradakan inflamasi. Sebuah studi menyebutkan, daun sage memiliki sifat anti-inflamasi. Daun sage mengurangi respon inflamasi pada jaringan gusi.

Fungsi dari teh daun sage bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan pernapasan, mulai dari radang mulut, radang gusi, pembengkakan amandel, maupun radang tenggorokan.

5. Menyehatkan rambut
Teh sage juga punya manfaat kesehatan untuk rambut. Kamu cukup menyeduh teh daun sage yang dicampurkan dengan teh hitam atau rosemary. Tunggu hingga dingin, kemudian siramkan ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Belum ada penelitian yang mendukung manfaat ini. Namun, tanin dalam teh daun sage dan teh hitam dipercaya mampu mendukung pertumbuhan rambut dan menghitamkan rambut abu-abu.

6. Meringankan masalah pencernaan
Teh daun sage juga dapat meringankan masalah pencernaan seperti, gastritis, diare, perut kembung, dan heartburn.

7. Mengatasi mukositis oral
Mukositis oral adalah salah satu efek kemoterapi dan terapi radiasi dalam penanganan kanker. Mukositis oral terjadi ketika lapisan mulut rusak yang menimbulkan luka dan sariawan.

Sebuah studi dari Complementary Therapies in Medicine menyebutkan bahwa berkumur dengan teh daun sage mampu mengurangi mukositis oral pada orang yang menjalani kemoterap

Semoga bermanfaat.
Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-teh-daun-sage-untuk-kesehatan/
Edit : Kunir Putih Curcuval Dp