Batasan Makan Kepiting yang Aman, Agar Kolesterol Tidak Naik

Batasan Makan Kepiting yang Aman, Agar Kolesterol Tidak Naik

Obat Kolesterol


Kepiting

Dibanding dengan makan udang, kepiting mengandung kadar kolesterol yang lebih rendah.

Dalam 100 gram kepiting terdapat 55-59 mg kolesterol. Namun ada juga kepiting jenis blue crab yang mengandung 97 mg kolesterol. Daging kepiting hampir mirip seperti udang mengandung protein yang tinggi tapi rendah lemak dan kalori. Apalagi kandungan kolesterol nya jauh lebih sedikit dibandingkan udang.

Karena kadar kolesterol nya lebih rendah, kepiting bisa dibilang lebih aman dikonsumsi untuk menjaga kenaikan kolesterol darah. Tidak seperti udang, ada kekurangan lain yang dimiliki kepiting. Kepiting secara alami tinggi akan kadar natrium, sehingga beberapa orang yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) tetap diimbau untuk membatasi makan kepiting, tidak perlu berlebihan.

Batas makan udang & kepiting agar kolesterol tetap stabil

USDA, yakni kementerian pertanian Amerika Serikat dalam laman Choose My Plate menganjurkan untuk mengonsumsi seafood jenis ikan atau kerang-kerangan sebagai sumber protein harian amannya sekitar 8 ons per minggu atau sekitar 226 gram dalam seminggu.

Dari acuan ini, Anda dapat memperkirakan asupan udang dan kepiting yang Anda inginkan selama satu minggu atau satu bulan ke depan.

Contohnya, satu porsi udang biasanya hanya sekitar 3 ons atau 85 gram. Dari 85 gr udang perhari, Anda sudah bisa memenuhi hampir 1/2 dari asupan kolesterol yang dibutuhkan dalam sehari. Jika dalam sehari Anda mengikuti acuan ini, maka Anda boleh makan udang 2-3 kali per minggu agar kadar kolesterol darah bisa tetap stabil.

Kalau daging kepiting, Anda masih diperbolehkan makan sampai 3-4 kali dalam seminggu. Satu sajian kepiting sebesar 85 gram menyumbang sekitar 97 mg kolesterol dalam sehari. Meskipun bisa dikonsumsi lebih banyak dibandingkan udang, hati-hati dengan kandungan natrium yang lebih tinggi dibandingkan udang.

Untuk mengimbangi asupan kolesterol yang berasal dari kepiting atau udang, Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kolesterol diantaranya  susu tanpa lemak, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Serta sebaiknya Anda juga melakukan olahraga teratur 30 menit per hari, mengurangi rokok dan mengonsumsi obat penurun kolesterol jika kadar kolesterol Anda tinggi.

Semoga bermanfaat