3 Manfaat Kunyit dan Kurkumin yang Terbukti Ampuh bagi Kesehatan

3 Manfaat Kunyit dan Kurkumin yang Terbukti Ampuh bagi Kesehatan

Herbal Kunyit Putih

Kunyit mungkin merupakan suplemen nutrisi paling efektif yang ada. Banyak penelitian berkualitas tinggi menunjukkan bahwa ia memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak Anda.

Berikut adalah 3 manfaat kunyit kesehatan berbasis bukti :

1. Kunyit Mengandung Senyawa Bioaktif Dengan Sifat Obat Kuat

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning kari. Telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Baru-baru ini, ilmu pengetahuan telah mulai mendukung apa yang telah diketahui orang India sejak lama - itu benar-benar mengandung senyawa dengan sifat obat.

Senyawa ini disebut curcuminoids, yang paling penting adalah curcumin. Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat. Namun, kandungan kurkumin kunyit tidak setinggi itu. Beratnya sekitar 3%.

Sebagian besar penelitian tentang ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit yang sebagian besar mengandung curcumin itu sendiri, dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari. Akan sangat sulit untuk mencapai level ini hanya dengan menggunakan bumbu kunyit dalam makanan Anda. Karena itu, jika Anda ingin mengalami efek penuh, Anda perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung curcumin dalam jumlah yang signifikan.

Sayangnya, curcumin kurang diserap ke dalam aliran darah. Ini membantu untuk mengkonsumsi lada hitam dengan itu, yang mengandung piperin, zat alami yang meningkatkan penyerapan curcumin sebesar 2.000%.

Suplemen kurkumin terbaik mengandung piperin, yang secara substansial meningkatkan efektivitasnya. Curcumin juga larut dalam lemak, jadi mungkin ide yang baik untuk dikonsumsi dengan makanan berlemak.

2. Curcumin Adalah Senyawa Anti-Peradangan Alami

Peradangan sangat penting. Ini membantu tubuh Anda melawan penjajah asing dan juga memiliki peran dalam memperbaiki kerusakan. Tanpa peradangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah mengambil alih tubuh Anda dan membunuh Anda. Walaupun akut, peradangan jangka pendek bermanfaat, itu bisa menjadi masalah besar ketika menjadi kronis dan secara tidak tepat menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa peradangan kronis tingkat rendah memainkan peran utama dalam hampir setiap penyakit kronis Barat. Ini termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan berbagai kondisi degeneratif.

Oleh karena itu, apa pun yang dapat membantu memerangi peradangan kronis berpotensi penting dalam mencegah dan bahkan mengobati penyakit ini. Curcumin sangat anti-inflamasi. Bahkan, sangat kuat sehingga cocok dengan efektivitas beberapa obat anti-inflamasi, tanpa efek samping.

Ini memblokir NF-kB, molekul yang bergerak ke inti sel Anda dan mengaktifkan gen yang terkait dengan peradangan. NF-kB diyakini memainkan peran utama dalam banyak penyakit kronis. Tanpa merinci (peradangan sangat rumit), kuncinya adalah bahwa curcumin adalah zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler.

3. Kunyit Secara dramatis Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Ini melibatkan radikal bebas, molekul yang sangat reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein atau DNA.

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Curcumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, curcumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh Anda sendiri. Dengan cara itu, curcumin memberikan pukulan satu-dua terhadap radikal bebas. Ini memblokir mereka secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh Anda sendiri.