Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Sumber: halodoc.com

By: Admin Kunir Putih Curcuval DP

Memelihara kesehatan kelenjar getah bening adalah suatu hal yang penting bagi setiap orang, hal ini bertujuan untuk menghindari pembengkakan atau kanker yang dapat menyerang bagian tersebut. Di dalam tubuh manusia, kelenjar getah bening memiliki peran penting bagi kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Namun, ada kondisi dimana sesuatu hal bisa menyebabkan kelenjar ini mengalami pembengkakan. Pada umumnya, pembengkakan kelenjar getah bening ini diakibatkan oleh infeksi. Perlu kita ketahui bahwa kelenjar getah bening terletak dibeberapa area tubuh, seperti leher, bawah dagu, selangkangan, serta di ketiak. Lantas, apa yang perlu kita lakukan agar kelenjar getah bening tidak mengalami pembengkakan? Inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang, terutama untuk menghindari hal tersebut terjadi.

Pada saat kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, artinya kelenjar tersebut sedang terinfeksi dan tengah berjuang untuk melawan. Caranya ialah dengan mengaktifkan sel darah putih guna melawan infeksi tersebut.

Bakteri, virus, atau jamur adalah penyebab paaling umum dari pembengkakan kelenjar getah bening. Maka, cara terbaik supaya kelenjar getah bening tidak membengkak ialah dengan melindungi tubuh agar terhindar dari serangan virus atau bakteri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening, antara lain:

  • Menjaga Kesehatan Tubuh

Hal ini sangat penting karena bisa membantu mengurangi risiko terserang penyakit. Dan salah satu caranya dengan menghindari terserang flu. Pasalnya, virus penyebab penyakit flu ini dapat menginfeksi kelenjar getah bening yang mengakibatkan bagian tersebut mengalami pembengkakan. Agar terhindar dari flu, biasakan untuk selalu mencuci tangan, konsumsi makanan sehat, serta rutin berolahraga dan mengonsumsi vitamin.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Infeksi virus, bakteri, atau jamur adalah keumuman yang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar agar terhindar dari infeksi penyebab kelenjar getah bening bengkak. Pastikan selalu menjaga kebersihan dengan mandi setiap hari, rutin mencuci tangan, hindari sering menyentuh area mata, mulut, dan hidung. Selain itu, biasakan juga untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, mengganti baju setelah beraktivitas, serta menutup mulut dan hidung saat sedang bersin atau batuk.

  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain kesehatan tubuh secara keseluruhan, penting juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bakteri bisa menyebabkan pembusukan gigi dan penyakit gusi yang pada akhirnya bisa menginfeksi kelenjar getah bening. Hal itu kemudian mengakibatkan kelenjar getah bening di leher atau bagian belakang telinga mengalami pembengkakan.

Mencegah pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa dilakukan dengan menghindari konsumsi obat-obatan tertentu. Pasalnya, ada jenis obat-obatan yang bisa berbahaya dan memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening. Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, sebab infeksi yang tidak segera ditangani bisa memperlambat pemulihan dan membuat kondisi menjadi lebih buruk.

Semoga bermanfaat, dan semoga senantiasa diberikan kesehatan..