HIMBAUAN PEMERINTAH UNTUK MENGHADAPI VIRUS CORONA

HIMBAUAN PEMERINTAH UNTUK MENGHADAPI VIRUS CORONA

alhamdulillah wassalatu wassalamu ala rasulillah wa ba'du

Pemerintah telah menghimbau kita untuk selama 14 hari ini, untuk bekerja belajar dan ibadah dirumah. Dan direalisasikan dengan adanya kebijakan untuk meliburkan berbagaimacam instansi seperti sekolah sehingga memberikan kesempatan untuk kita melakukan itu semua secara online di rumah kita masing-masing.
Kami himbau kepada kita semuanya, untuk memanfaatkan momment tersebut menjadikan selama 14 hari kedepan tempat terbetah kita, yang paling betah dan paling nyaman untuk kita berada adalah rumah kita. Kemudian, yang kedua adalah social distancing, kita jadikan rumah kita sebagai tempat yang paling betah dan sekaligus kita melakukan social distancing atau menjauhi interaksi sosial untuk sementara waktu, dalam rangka agar bisa menghambat penyebaran penularan virus Corona COVID-19. Harapannya adalah kita melakukan karantina mandiri ini, kita tidak melakukan pejalanan kemanapun, keluar kota kita, tidak melakukan wisata. Karena sebagian ada yang memanfaatkan momment tersebut untuk wisata ke tempat yang lain. Padahal disana dia akan berjumpa dengan banyak orang, berkerumun dengan masa, yang itu akan semakin meningkatkan interaksi sosial tentu penyebaran virus Corona akan lebih mudah disana.
Oleh karenanya, meskipun kita diliburkan oleh Pemerintah selama 14 hari, namun kita ikuti himbauannya untuk tetap merasa nyaman di rumah kita. Kita lakukan himbauan Pemerintah kita untuk belajar, bekerja, ibadah dirumah. Kita maksimalkan waktu kita dirumah untuk ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Selain sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, mungkin ini salah satu kesempatan kita untuk semakin menggiatkan ibadah kita, mungkin bacaan Al-Quran kita, kita tambah, jumlah rokaat sholat sunnah kita tambah, dan ibadah-ibadah kita yang lainnya.
Karena adanya masa libur yang diberikan oleh pemerintah selama 14 hari ini, adalah untuk mempertimbangkan, menghambat virus Corona itu menyebar, dengan mempertimbangkan masa inkubasi. Masa inkubasi diperkirakan sampai 14 hari, jadi kalau kita benar-benar diam dirumah yang mungkin membawa virus tapi tidak bergejala selama 14 hari dia tidak keluar, atau meminimkan jumlah keluar, berarti dia akan mengurangi penularan virus itu ke orang lain. Dan sebaliknya, yang masih sehat dengan dia berdiam diri dirumah selama 14 hari, dia harapannya tidak tertular oleh orang lain yang membawa virus tersebut atau menurlarkan virus tersebut. Tentu kita benar-benar memanfaatkan waktu tersebut untuk stay dirumah kita, dan juga berusaha social distancing menjauh dari kerumunah sosial dan usahakan tidak keluar rumah kecuali ada hajat atau kebutuhan mendesak.
wasallahu ala nabiyyina muhammadin wa ala ali wasshobihi wassalam
✍️ Oleh Ustadz dr. Agung Panji Widiyanto hafidzahullah