KAPSUL TEMUMANGGA RACIKAN PROF DWIYATI

KAPSUL TEMUMANGGA RACIKAN PROF DWIYATI

KAPSUL TEMUMANGGA RACIKAN PROF DWIYATI

Kapsul Temumangga itu racikan Prof Dr Dwiyati Pujimulyani MP, guru besar Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta. Dwiyati membuat kapsul dari100% rimpang temumangga segar yang dikeringkan lalu dibuat serbuk dan dimasukkan ke dalam kapsul. "Temumangga mengandung antioksidan tinggi seperti senyawa fenol berupa flavon, kurkumin, dan asam galat," ujarnya. Kandungan kurkumin dalam rimpang temumangga juga andal memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Riset Sri Nuraesti A. Malek dan rekan dari Institur Ilmu Biologi, Universitas Malaysia, membuktikan ekstrak metanol temumangga memuliki sifat sitotoksik terhadap sejumlah sel kanker seperti kanker payudara, nasofaring, paru-paru, kolon, dan serviks. Itu sejalan dengan penelitian Agung Heri Karsono dan rekan dari Bagian Farmakologi Molekuler, Inovasi Penelitian dan Penemuan, Laboratorium Ilmu Pengetahuan dan Biomolekuler Dexa, membuktikan efek molekul dari fraksi bioaktif temumangga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dengan cara mereduksi jalur 5 alfa reduktase.

Rimpang tanaman anggota famili Zingiberaceae itu juga menjadi rujukan para herbalis seperti Valentina Indrajati dan H. Ujang Edi, keduanya di Bogor, Jawa Barat. Valentina menuturkan temumangga mengandung beragam antioksidan yang mampu menghalau sejumlah penyakit, termasuk kanker. Menurut herbalis di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Maria Anjarwati, temumangga memang juga berkhasiat meluruhkan lemak dalam aliran darah dan lalu membuangnya bersama urine.

Semoga bermanfaat...