Deteksi Dini Kanker Payudara ( Dr. Herjuna )

Deteksi Dini Kanker Payudara ( Dr. Herjuna )

Apa itu kanker payudara?
Kanker payudara adalah sel kanker yang berasal dari saluran susu, kelenjar susu, maupun jaringan ikat di dalam payudara. Sel kanker sebenarnya sama seperti sel normal, tetapi memiliki perilaku yang berbeda. 
Sel kanker ini dapat membelah dengan cepat, sehingga sulit dikontrol dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya. Bahkan, sel kanker juga bisa berkembang sampai ke organ-organ tubuh lainnya. 
Kumpulan dari sel kanker ini kemudian membentuk tumor ganas. Sekitar 80 persen pembentukan sel kanker dimulai di saluran susu (duktus), 15 persen di kelenjar susu (lobulus), dan 5 persen di dalam jaringan ikat. 
Penyakit ini terjadi hampir selalu pada wanita namun dapat terjadi pula pada pria.

Ada ratusan ribu wanita di seluruh dunia yang meregang nyawa akibat penyakit kanker payudara setiap tahunnya. Di tahun 2019 saja, ada lebih dari 41.700 wanita yang diperkirakan meninggal akibat penyakit ini di Amerika Serikat. Data tersebut diperoleh dari National Breast Cancer Foundation (NBCF).

Di Negeri Paman Sam, setiap 2 menit ada seorang wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara. Tercatat ada 268.600 kasus baru yang ditemukan NBCF terkait kanker payudara invasif pada 2019. Di samping itu, untuk penyakit kanker payudara non-invasif telah ditemukan 62.930 kasus baru di kalangan wanita AS.

Penulis ingin membagikan salah satu artikel penting tentang bagaimana cara mendeteksi dari dini seseorang terkena Kanker Payudara, hal ini bermanfaat untuk mencegah dan juga penambah wawasan untuk pembaca supaya lebih memperhatikan diri terutama dari penyakit yang berbahaya ini.

Berikut link yang bisa di akses bagi pembaca, semoga bermanfaat...