APA SAJA YANG BISA MENYEBABKAN ASAM URAT?

APA SAJA YANG BISA MENYEBABKAN ASAM URAT?

asam urat
Sebenarnya, yang menyebabkan asam urat adalah kadar asam urat itu sendiri yang terlalu banyak di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, zat kimia ini akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin dan tinja.

Tetapi, pada orang yang mengalami asam urat, jumlah asam uratnya terlalu banyak sehingga tidak dapat diolah oleh tubuh. Pada akhirnya, zat tersebut akan membentuk kristal dan menumpuk di sekitar sendi, dan menyebabkan peradangan.

Lalu.. apa penyebab asam urat di dalam tubuh dapat menjadi tinggi? Penyebab asam urat yang tinggi adalah terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin ialah suatu zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh, namun terkandung juga di dalam beberapa jenis makanan.

Beberapa contoh makanan yang mengandung Purin

1. Jeroan, termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru.
2. Kaldu daging.
3. Sosis atau produk daging lainnya.
4. Bebek.
5. Burung.
5. Ikan sarden dan ikan makerel.
6. Makanan laut lainnya, seperti kerang, udang, dan kepiting.
7. Ragi. dsb.

Ketika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin, tubuh akan mengolahnya menjadi asam urat. Sehingga, semakin banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin, semakin tinggi risiko untuk mengalami asam urat.

Menjaga pola makan, memperbanyak konsumsi air putih, dan juga berolah raga bisa menjadi cara untuk menjaga agar tubuh terhindar dari Asam Urat. Atur dan rubah sekarang, semoga bisa menjadi suatu kebaikan dan senantiasa diberikan kesehatan.

By : Admin